Kecamatan Pulau Besar Siap Lawan Corona

Deklarasi Pemerintah Lintas Sektoral Kecamatan Pulau Besar Lawan Covid-19

Deklarasi Pemerintah Lintas Sektoral Kecamatan Pulau Besar Lawan Covid-19

Pulau Besar - Kecamatan Pulau Besar mengadakan Rapat Koordinasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Kecamatan Pulau Besar yang diselenggarakan pada hari Jum'at (27/03/2020) di Gedung Serbaguna Kecamatan Pulau Besar. Kegiatan ini di hadiri oleh Danramil Payung, Kapospolsubsektor Kecamatan Pulau Besar, Kepala Desa, Pendamping Desa dan Kepala Instansi di Lingkungan Kecamatan Pulau Besar. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Kecamatan Pulau Besar untuk melawan Covid-19 yang sedang marak saat ini.

Kepala Puskesmas Batu Betumpang, Iskandar, menyampaikan pertanggal 27 Maret 2020 ada 22 Orang Dalam Resiko (ODR) di Wilayah Kecamatan Pulau Besar.

“Sampai dengan saat ini (27/03/2020) di Wilayah Kecamatan Pulau Besar sudah ada 22 Orang yang masuk dalam kategori ODR (Orang Dalam Resiko) mereka adalah warga yang baru pulang dari daerah luar. Saya berharap bantuan dari berbagai pihak dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini, kita harus membentu Tim Gerak Cepat (TGC)/ relawan desa untuk lawan Covid-19, dan juga melakukan penyemprotan desinfektan”, ujar Iskandar.

Danramil Payung, Kapten cpl Sudarmadi, memberikan apresiasi kepada Camat Pulau Besar karena cepat tanggap dalam merespon terhadap kasus Covid-19.

“Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak Camat Pulau Besar, karena cepat dalam merespon kasus Covid-19 yang saat ini sedang menyebar di beberapa wilayah di Indonesia. Kita sudah sepatutnya mengikuti anjuran dari pemerintah untuk melawan virus ini, ujung tombak dalam pencegahan ini adalah RT/RW. Segera bentuk TGC (Tim Gerak Cepat) tingkat Kecamatan dan Desa. Untuk desa, dana desa dapat dialihkan untuk penangan Covid-19. Untuk Tim Gerak Cepat (TGC) dapat mendata seluruh warga yang masuk ataupun keluar dari desa kita, juga melakukan penyemprotan desinfektan”, ungkapnya.

Pendamping Desa Kecamatan Pulau Besar, Toha Maksum, menambahkan bahwa dana desa bisa dialihkan untuk penanganan Covid-19 melalui anggaran Perubahan.

“Jangan ragu-ragu desa menggunakan dana desa untuk penanganan Covid-19, desa segera membentuk TGC tingkat desa dan dianggarkan melalui dana desa. Desa sekecamatan Pulau Besar bisa menggunakannya melalui anggaran perubahan”, ucapnya.

Rakor Covid-19

Pada kesempatannya, Camat Pulau Besar, Drs. Sapri, menyampaikan dan memberikan kesimpulan bahwa Kecamatan Pulau Besar perlu adanya Tim Gerak Cepat (TGC) tingkat Kecamatan dan Desa.

“Segera kita bentuk Tim Gerak Cepat (TGC)/Relawan di tingkat Kecamatan dan Desa, untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini, Senin/ Selasa kita mulai adakan penyemprotan desinfektan ke desa-desa di Kecamatan Pulau Besar”, ujar Drs. Sapri.

Rakor Covid-19

Di lain kesempatan, beliau memberi himbauan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pulau Besar untuk dapat menahan diri di rumah guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Kepada Seluruh Masyarakat Pulau Besar untuk dapat menahan diri untuk mencegah covid-19 berkembang di wilayah Kecamatan Pulau Besar semoga dengan semangat kebersamaan mudah-mudahan Covid-19 tidak dapat masuk di Kecamatan Pulau Besar, dan harapan kami juga kepada semua instansi supaya dapat ikut terlibat dalam upaya pencegahan Covid-19 ini dengan memberikan pencerahan kepada masyaraka dan juga harapan kami masyatakat bisa mengikuti saran-saran dari pemerintah saran-saran yang disampaikan oleh tim, baik itu tim dari kecamatan maupun tim dari desa”, himbaunya.

Pada akhir kegiatan, seluruh peserta yang hadir berkumpul untuk menyatakan dan memberikan deklarasi bahwa Kecamatan Pulau Besar siap untuk melawan Covid-19.

 

Lawan Corona, UPT Puskesmas Batu Betumpang Beserta Tim Terjun ke Lapangan

Tim Gerak Cepat

Guna mencegah penyebaran dan penularan virus Corona atau Covid-19 di Wilayah Kecamatan Pulau Besar, UPT Puskesmas Batu Betumpang bekerjasama dengan Danramil Payung, Kapospolsubsektor Kecamatan Pulau Besar, dan Camat Pulau Besar turun ke desa – desa pada hari Jum’at (23/07/2020) untuk memberikan arahan kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Tim lapangan berkeliling menggunakan kendaraan Roda 4 (empat) dan menyampaikan himbauan melalui pengeras suara, selain melalui pengeras suara, tim juga membagikan selebaran mengenai pengenalan dan pencegahan penularan Virus Covid-19.

Kepala UPT Puskesmas Batu Betumpang, Iskandar, berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat yang belum mengerti mengenai pencegahan Virus Covid-19 dapat mengerti dan paham cara mencegahnya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih paham tentang Covid-19 dan cara pencegahannya”, ungkapnya.

 

Penulis : Dwi Sudarmoadi

Fotografer : Dwi Sudarmoadi/ Johan

Editor : Dwi Sudarmoadi/ Beny Susanto, SE